Sahabat, Ayo Kita Bersama Dalam Taat

“Sebaik-baiknya sahabat adalah yang mampu membuat kita bersemangat mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya”

Setuju ?

Memiliki sahabat seperti itu sangat sulit bagi saya, butuh penyaringan dan keyakinan yang kuat karena tidak setiap orang yang berteman dengan kita mau untuk bersama dalam ketaatan kepada Allah.

Kalau menurut penglihatan saya masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini. Masih banyak orang yang asal dalam memilih sahabat dan masih banyak orang yang enggan untuk memperbaiki diri nya padahal ia tahu bahwa hal tersebut adalah wajib.

Sebenarnya, tak perlu punya beribu-ribu teman tapi tak ada satupun yang mengingatkan dalam hal kebaikan, cukup punya seorang teman yang bisa membimbing kejalan yang benar dan selalu mengingatkan dalam kebaikan.

 .

.

.

Apa akibatnya jika kita salah memilih sahabat?

Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.”(QS. az-Zukhruf [43]: 67)

Yap, akan menajdi musuh satu sama lain. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki satu sahabat pun di dunia yang bersama dalam ketaatan kepada Allah tadi? Mungkin akan hanya ada musuh untuk kita kelak, naudzubillah..

Oleh karena itu sobat ayo kita harus pintar dalam hal ini, ada pesan yang pernah disampaikan oleh Al-Qamah (seorang sahabat Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam) kepada anaknya,

“Wahai anakku, sekiranya engkau berasa perlu untuk bersahabat dengan seseorang, maka hendaklah engkau memilih orang yang sifatnya seperti berikut.”

  • Pilihlah sahabat yang suka melindungi sahabatnya, dia adalah hiasan diri kita dan  jika kita dalam kekurangan nafkah, dia suka mencukupi keperluan.
  • Pilihlah seorang sahabat yang apabila engkau mengulurkan tangan untuk memberikan jasa baik atau bantuanmu, dia suka menerima dengan rasa terharu, jikalau ia melihat kebaikan yang ada pada dirimu, dia suka menghitung-hitungkan (menyebutnya) .
  • Pilihlah seorang sahabat yang apabila engkau mengulurkan tangan untuk memberikan jasa baik atau bantuanmu, ia suka menerima dengan rasa terharu dan dianggap sangat berguna, dan jika ia mengetahui mengenai keburukkan dirimu ia suka menutupinya.
  • Pilihlah sahabat yang jikalau engkau meminta sesuatu daripadanya, pasti ia memberi, jikalau engkau diam, dia mula menyapamu dulu dan jika ada sesuatu kesukaran dan kesedihan yang menimpa dirimu, dia suka membantu dan meringankanmu serta menghibur mu.
  • Pilihlah sahabat yang jikalau engkau berkata, ia suka membenarkan ucapan dan bukan selalu mempercayainya saja. Jikalau engkau mengemukakan sesuatu persoalan yang berat dia suka mengusahakannya dan jika engkau berselisih dengannya, dia suka mengalah untuk kepentinganmu.

Dalam kitab al-Hikam disebut,
“Jangan berkawan dengan seseorang yang tidak membangkitkan semangat taat kepada Allah, amal kelakuannya dan tidak memimpin engkau ke jalan Allah.”

Dalam satu hadist yang bermaksud,

“Seseorang akan mengikuti pendirian (kelakuan) temannya, kerana itu tiap orang harus memilih siapakah yang harus didekati sebagai kawan (teman).”

.

.

.

Maa syaa Allah ya, begitu sulit mendapatkan sahabat seperti itu di zaman ini mungkin jika kita hidup pada zaman rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam akan lebih mudah menemukan nya karena zaman dulu jauh berbeda dengan zaman sekarang yang sangat banyak pengaruh barat dan lain-lain nya yang membuat akhlak anak muda semakin terkikis.

Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang selamat dan dapat dipertemukan dengan sahabat yang akan membimbing kita pada ridho Allah ta’ala dan surga-Nya kelak. Aamiin..

.

.

Tulisan ini terkhusus untuk 3 sahabat saya yang Alhamdulillah InsyaaAllah kita akan selalu bersama dalam ketaatan dan semoga Allah meridhoi kebersamaan kita ya. Untuk Mei Sarah Nurkhalizah, Ika Ayu Nirmala dan Talitha Ragilia Sani, Ana uhibbuki fillah..

 

#30DWC hari ke-28

Advertisements

4 thoughts on “Sahabat, Ayo Kita Bersama Dalam Taat

  1. Hallo Saskia.. Aku mau ngasih jejaaak aaah~
    BTW ada satu kata yang typo nih. Hayooo yang manaaa….

    Intinya cari sahabat yang bisa menginspirasi ya. Aku mau dong jadi sahabat kamu jugaa… Kapan-kapan duet nulis yukkss

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s