Mau Sedekah Tanpa Ketahuan Orang Lain? Yuk! Kita Sedekah Kreatif

Assalamu’alaykum sobat…

Bagaimana hari-hari kamu? Semoga selalu berjalan dengan baik dan sesuai rencana yaa. Kalau pun tidak sesuai rencana itu tanda nya Allah tahu yang lebih baik dari apa yang sudah kamu rencana kan. Keep positive thinking ^^

Oh iya, pernah dengar sedekah kreatif? Mungkin pernah.

Saya baru tahu sedekah kreatif ini dari broadcast beberapa bulan lalu dan sebenarnya kalau kita sedari dulu sudah ngeh dengan sedekah kreatif ini pasti lah ini bukan inovasi baru. Tapi saya rasa masih banyak yang belum ngeh tadi maka dari itu saya ingin ajak kamu melalui tulisan ini.

.

.

Berbicara soal sedekah memang sangat mudah sebenarnya dan banyak cara yang dapat dilakukan, bukan berarti harus selalu dengan mengisi kotak amal di masjid kan?

Bahkan senyum di hadapan orang lain saja sudah termasuk sedekah lho! Makanya jangan pelit-pelit buat tebar senyum yaa, asalkan jangan senyum-senyum sendiri aja hehe 😀

Termasuk menolong orang lain adalah sedekah yang besar pahala dan manfaatnya insyaaAllah. Dulu waktu saya masih kelas 2 SMP saya sedang aktif-aktif nya mengikuti latihan pencak silat untuk kejuaraan, setiap latihan selalu di lapangan basket sekolah saat siang sampai sore hari dan itu adalah saat dimana matahari benar-benar terik. Kaki saya sangat sudah terbiasa dengan panas nya lapangan dan berjalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki karena setiap latihan memang tidak pernah menggunakan alas kaki.

Tapi, entah mengapa saat itu tiba-tiba kaki saya sangat sakit dan kepanasan padahal baru pemanasan. Telapak kaki saya pun banyak yang melepuh hampir seluruh permukaan nya. Akhirnya keesokan hari ketika saya bangun tidur telapak kaki saya sangat bengkak berwarna ungu dan sedikit sobek. Astaghfirullah entah bagaimana lagi saya menceritakan nya tapi itu benar-benar sakit dan saya tidak kuat untuk tidak menangis.

Tapi saya harus sekolah, karena sekolah jauh saya harus berangkat jam 5 pagi. Sebelum naik angkot harus berjalan kaki dulu ke depan komplek kurang lebih 10 menit, tapi karena kaki saya tidak bisa menapak bisa jadi 25 menit saya sampai ke depan komplek dengan berjalan pincang.

Qadarallah, Allah menolong saya ketika saya baru berjalan sedikit dengan susah payah tiba-tiba ada tukang ojek menghampiri seolah-olah saya memesan ojek padahal tidak. Saat itu jam 5 pagi masih sangat gelap dan tukang ojek itu datang dengan menawarkan bantuan,

“Dek, kaki nya kenapa?”

“Lagi bengkak bang melepuh telapak nya”

“yaudah naik, abang anterin aja kasian”

MaasyaaAllah saya tidak menyangka akan kejadian ini, saya pun diantar oleh abang ojek itu cukup jauh dan tanpa bayaran. Alhamdulillaah, kembali terharu saya saat ini hehe.

.

.

Kisah saya tadi merupakan contoh sedekah kreatif, siapa yang tahu kalau abang ojek itu menolong seseorang kecuali Allah dan orang yang ditolong nya. Mungkin saat itu abang ojek sedang keliling mencari penumpang yang biasanya pekerja kantoran yang selalu berangkat pagi-pagi buta tapi ternyata dia malah menemukan saya yang membutuhkan bantuan.

Nah, sekarang gimana cara sedekah kreatif kamu?

Ada banyak cara diantaranya seperti dibawah ini,

  • Beli lah satu bungkus makanan (paling harga nya gak lebih dari 10 ribu) lalu bawa saat berangkat sekolah/kerja/kuliah dan berikan kepada orang yang membutuhkan saat kamu lihat di jalan.
  • Membantu membersihkan masjid saat kamu selesai sholat di masjid (laki-laki terutama). Bayangkan berapa pahala didapat dari membersihkan rumah Allah ?
  • Setelah membersihkan masjid jangan lupa isi kotak amal. InsyaaAllah berkah.
  • Menyumbang mukenah di masjid atau mushola terdekat. Beli dan letakkan saja mukenah tersebut di lemari masjid pasti akan selalu ada jamaah yang memakai. (Kalau mukenah mahal kamu bisa patungan berdua sahabat kamu) 😀
  • Menyumbang Al-Qur’an atau Iqro untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) atau masjid di dekat rumah kamu. Sama seperti tadi letakkan saja langsung di tempatnya, bayangkan jika Al-Qur’an tersebut terus dipakai banyak orang berapa pahala yang akan mengalir untuk mu?
  • Membelikan makan dan minum untuk teman kamu yang sedang berpuasa. Wah, pasti senang kan anggap aja traktiran tapi dengan traktiran itu kamu dapat pahala juga 😉
  • Memberikan hadiah khimar/jilbab kepada teman yang belum berhijab. Siapa tahu dengan hal tersebut teman kamu bisa tersentuh dan segera berhijrah.
  • Memberikan hadiah berupa buku bacaan yang menyangkut ilmu agama. InsyaaAllah cara tersebut efektif untuk berdakwah, setelah dia membaca pasti akan banyak yang ditanyakan ke kamu maka saat itulah kamu berdakwah 😀

 

Wah, banyak ya? Sebenarnya mungkin masih banyak cara lagi seperti menghafalkan Al-Qur’an , hadist, menjalankan sunnah-sunnah rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam juga merupakan sedekah untuk diri kita.

“Sembunyikanlah segala amal baikmu seperti hal nya kamu menyembunyikan dosa-dosamu”

Semoga bermanfaat..

#30DWC hari ke-27

Advertisements

6 thoughts on “Mau Sedekah Tanpa Ketahuan Orang Lain? Yuk! Kita Sedekah Kreatif

  1. Masya Allah, itu tukang ojeknya manusia atau bukan? Jangan-jangan malaikat, hehe.. Sedekah kreatif, berarti sedekah tidak harus selalu berupa uang. Membantu orang lain pun termasuk sedekah, Subhanallah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s