Ketika Hembusan Nafas Tak Dapat Kembali

Bismillahirrohmanirrohim…

Nasihat, siapa yang gak butuh nasihat? Adakah? Saya rasa semua manusia membutuhkan nya setiap saat. Dan nasihat itu bisa kita dapat darimana saja entah dari orang tua, rekan kerja, teman kuliah atau bahkan adik kita. Tidak menutup kemungkinan yang lebih muda jauh lebih baik dari yang tua. Setuju? Bungkus ^^

Alhamdulillah hari ini saya masih bisa menulis dengan niat ingin berbagi manfaat dengan kamu. Masih dalam rangka #30DWC di hari yang ke-24 ini saya semakin merasa deg-deg an karena dengan rutin menulis setiap hari nya berarti saya juga dituntut harus membuat tulisan yang semakin berkualitas dan bermakna. Do’akan yaa sobat.

.

.

Jika berbicara soal nasihat, yang ada di benak saya paling awal adalah kematian. Entah mengapa hal tersebut sangat teratur di dalam otak dan selalu membuat saya ketakutan. Saya berfikir bahwa ketika seseorang memikirkan dan merasa takut akan kematian pasti lah dengan segera ia akan memperbaiki hal yang lain dalam hidupnya.

Hal yang lain itulah yang juga termasuk dalam kategori nasihat. Namun, bagi saya kematian adalah raja dari seluruh nasihat yang ada.

Kembali lagi pada firman Allah ta’ala di dalam surat An-Nisa ayat 78,

“Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu berada dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…”

SubhanAllah..

Akan sebegitu dahsyat nya manusia ketika ditimpa kematian

, kemana pun ia berlari dimana pun ia bersembunyi dan kapan pun itu jika Allah takdirkan mati maka matilah ia.

Seram ya sobat L tidak kah kamu takut? Saya tahu semua orang pasti takut dengan hal ini. Namun, mengapa kita jarang sekali menunjukkan rasa takut itu?

Menganggap kematian masih jauh?

Menganggap diri ini masih cukup muda?

Menganggap dunia harus dikejar terlebih dahulu?

Hmm.. hayuk kita sama-sama merubah mindset yang salah besar ini.

Coba bayangkan bagaimana jika tanggal, tempat dan waktu kematian Allah beri tahukan pada setiap manusia?

Saya bayangkan, pasti semua manusia akan taat, menjauh dari kemaksiatan, kesyirikan hilang, selalu merasa takut dan senantiasa memperbaiki diri.

.

.

Ketika masih duduk di bangku SMA saya pernah mendapat nasihat akan kematian ini dari salah satu kakak alumni yang mengisi mentoring di sekolah, beliau berkata..

“Kita harus ingat kalau jarak kematian dengan diri kita bagaikan jarak antara jari telunjuk dengan jari tengah. Sangat amat dekat”

Dari hal itu saya selalu berfikir dan banyak pertanyaan pada diri sendiri terutama ketika akan tidur, seperti

Hari ini udah berbuat apa saja ya?

Hari ini melakukan dosa apa saja?

Apakah hari ini saya sholat dengan tepat waktu atau lalai?

Bagaimana kalau ini tidur untuk terakhir kali nya?

Bagaimana jika besok gak bisa bangun lagi?

dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan menakutkan dalam diri saya.

.

.

Nah, sobat tapi cara diatas ternyata sangat ampuh untuk selalu membuat kita mengingat kematian dan takut kepada Allah sehingga akan menimbulkan rasa ingin beribadah dan mencintai Allah lebih lagi.

Kamu harus coba!

Jangan sampai kelak kita menjadi orang-orang yang menyesal dan kelak meminta untuk dikembalikan lagi ke dunia,

“hingga apabila telah datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku ke dunia agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan.” Sekali-kali tidak sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mu’minun : 99-100)

Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan renungan untuk kita. Sebagai penutup silahkan maknai firman dibawah ini,

“dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya, itulah yang kamu selalu lari darinya” (QS. Qaf : 19)

 

Alhamdulillah ‘ala kulli haal.

Wassalamu’alaykum sobat… ^^

#30DWC hari ke-24 #NasihatDiri

2 thoughts on “Ketika Hembusan Nafas Tak Dapat Kembali

Leave a Reply

