Apakah Aku Sebaik-Baik Perhiasaan Dunia ?

Bismillah..

Sobat tulisan kali ini saya dedikasikan khusus untuk para wanita termasuk saya sendiri, atau jika kamu laki-laki maka harap sampaikan hal ini kepada wanita yang berada di sekitar mu 🙂

.

.

Sangat banyak definisi dunia yang saya temukan seperti,

  • Dunia adalah tempat persinggahan sementara
  • Dunia adalah kepalsuan
  • Dunia itu fana, dan lain-lain

Namun, ada satu definisi dunia yang sangat menarik perhatian saya sebagai wanita yaitu,

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah” (Hadist Shahih, Riwayat Muslim)

Maasyaa Allah, apakah sudah banyak yang tahu tentang hadist diatas? Saya rasa sudah. Tapi apakah kamu sudah memahami nya dengan baik? Mungkin sebagian belum.

Wahai wanita, dirimu adalah perhiasan dunia. Bayangkan betapa Allah ta’ala sangat memuliakan wanita mulai dari menyebutnya sebagai perhiasan bahkan salah satu surat yang ada di dalam Al-Qur’an diberi nama khusus “An-Nisa” yang artinya wanita.

.

.

Lantas, bagaimana seharusnya kita menyikapi kabar gembira ini?

Hanya satu jawaban nya, dengan ketaatan. Sebagai seorang hamba kita memang terlahir ke dunia untuk beribadah dan taat kepada-Nya. Terlebih lagi wanita yang seharusnya lebih lebih lebih bisa taat kepada Allah sebagai bentuk rasa syukur atas penciptaan diri nya.

Namun, faktanya banyak wanita yang sangat lalai dalam menjalani perintah Allah ta’ala bahkan sampai-sampai wanita menjadi salah satu penghuni neraka terbanyak. Astaghfirullah, naudzubillah..

Semoga kita termasuk orang-orang yang selamat dari api neraka, aamiin.

Pertanyaan nya, mengapa wanita bisa menjadi penghuni neraka terbanyak? Padahal Allah sangat memuliakan wanita?

Jawaban nya ada pada hadist berikut,

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Aku melihat neraka, dan aku melihat sebagian besar isinya adalah wanita.” (Hadist Shahih, Bukhari Muslim)

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Said al-Khudri bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda,

“Wahai kaum wanita, bersedekahlah, karena aku telah melihat bahwa kalian (wanita) merupakan sebagian besar penduduk neraka.” Mereka bertanya, “Kenapa begitu ya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam?” Rasulullah menjawab, “Karena kalian terlalu banyak mengumpat dan tidak berterima kasih atas kebaikan-kebaikan yang telah diberikan kepada kalian.”

Astaghfirullah 😦

Sungguh, saya sangat takut dengan hal ini. Secara tidak langsung menjelaskan bahwa sedikit wanita yang menmpati surga.

.

.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kebanyakan wanita sangat lemah dalam menghadapi kegemerlapan dunia ini. Mudah tergiur dengan harta dunia dan mungkin terlalu banyak membicarakan orang lain alias ghibah.

Dan yang paling utama adalah soal menutup aurat dan menjaga pandangan.

Saya bisa memperhatikan bagaimana kebiasaan wanita yang sangat senang berteman dengan laki-laki, bercanda, tertawa berlebihan sampai berghibah.Tidak sedikit pula wanita yang sudah mengerti akan kewajiban menutup aurat namun masih enggan menutupnya. Padahal sudah sangat jelas Allah ta’ala yang memerintahkan,

 

Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya. (QS an-Nur [24]: 31).

 

Sudah jelas bukan?

Ayo! Tunggu apalagi sobat? Bersegeralah mengejar Allah, meraih cinta-Nya, ridho-Nya dan utamakan lah akhirat mu sebelum dunia mu. Jadikan diri kamu pantas menjadi wanita calon penghuni surga.

Semoga Allah memberkahi perjalanan hidup ini ^^

Alhamdulillah ‘ala kulli haal, semoga bermanfaat sobat.

.

.

Mau tahu kelanjutan tulisan saya tentang wanita? Tunggu segera ^^

Saran dan masukan sangat saya tunggu lho!

#30DWC -22-

Leave a Reply

