Monthly Archives: February 2016

Masih Semangat Kan?

Assalamu’alaykum warahmatullah..

Setengah perjalanan sudah ditempuh nih di #30DWC, sekarang hari ke-15 pertanda 15 hari lagi menuju hari ke 30. Alhamdulillaah selalu ada saja sela-sela waktu untuk menulis walaupun sibuk dengan aktivitas lain nya.

Hari ini semangat saya sepertinya sedang menurun. Mungkin, oh bukan mungkin sih tapi sudah pasti karena banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan. Rasa lelah mulai menyelimuti saya dan pikiran untuk terus berkata “capek” selalu muncul dalam benak saya. Ya, begitulah manusia terkadang tidak bisa menjamin bahwa dirinya bisa kontinyu untuk semangat.

Tapi… itu tadi. Sekarang?

Alhamdulillah sekarang saya sudah semangat lagi.

Karena semangat yang kembali muncul inilah maka nya saya menulis, bahkan ide tulisan pun muncul dari sebuah semangat yang diberikan sahabat saya.

Oh iya mau cerita sedikit nih, jadi hari ini satu hari full saya mengerjakan tugas kuliah yang tetap saja tidak akan selesai walau satu hari penuh, tapi setidaknya saya bisa mencicil lebih banyak daripada menumpuk pekerjaan di akhir. Dan karena mengerjakan tugas ini saya jadi lupa akan kewajiban menulis, sekali nya ingat saya sudah merasa lelah. Continue reading Masih Semangat Kan?

Advertisements

Aku Selalu Mengira Masih Banyak Waktu

Bismillah. Assalamu’alaykum..

Yeay hari ke-14 saya menulis dan masih berhasil. Alhamdulillah..

Oh iya kamu pasti sering mengucapkan kalimat-kalimat di bawah ini sadar ataupun tidak.

“Perasaan baru aja hari jum’at kok udah jum’at lagi ya?”

“Perasaan baru aja ngumpulin tugas,kok udah dapet tugas lagi?”

“Perasaan baru aja pulang ke rumah eh udah berangkat lagi”

“perasaan baru aja…”

“Perasaan…..”

Benar kan? Continue reading Aku Selalu Mengira Masih Banyak Waktu

Bagaimana Membangun Sebuah Komitmen ?

Assalamu’alaykum..

Malam minggu nih, saat nya kita untuk apa ya?

Kalau mau malam minggu kamu lebih berkah dan bernilai pahala di mata Allah maka yuk gunakan setiap malam bukan hanya malam minggu aja lho untuk melakukan hal-hal bermanfaat.

Pernahkah kamu membuat sebuah komitmen besar dalam diri? Atau paling tidak komitmen sederhana, seperti bangun jam 5 pagi setiap hari atau belajar 2 jam minimal setiap malam?

Pasti pernah dong.

Lalu, sudah kah komitmen tersebut benar-benar kamu pegang dan laksanakan dengan baik? Continue reading Bagaimana Membangun Sebuah Komitmen ?

Tengok yang Ada di Bawah yuk!

Bismillah. Assalamu’alaykum..

Apa kabarnya kamu? Semoga sehat-sehat yaa walaupun sedang puncak nya hujan nih.

Wah, beberapa hari kebelakang saya selalu terjebak macet parah dalam perjalanan menuju kampus. Hingga 2 jam saya menempuh perjalanan yang padahal 1 jam atau kurang saja seharusnya bisa sampai. Tapi, macet… hmm.

Panas, pusing, gerah semua rasa tersebut menyelimuti diri saya ketika dalam perjalanan. Jika saat seperti itu saya langsung merasa bahwa diri saya adalah mahasiswa yang paling kesulitan dalam menempuh perjalanan kuliah.

Tapi… Continue reading Tengok yang Ada di Bawah yuk!

Sudah Belajar Peka Atau Peduli?

Bismillaah. Assalamu’alaykum..

Hari ini hujan seharian melanda Bekasi dan Jakarta. Bagaimana dengan daerahmu? Sudah kah kamu membaca do’a turun hujan? Kalau belum ayo ucapkan Allahumma soyyiban nafi’a.

Karena hujan adalah rezeki dan takdir Allah yang tidak bisa kita bayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada hujan di dunia ini. Maka, berdo’alah dan puji Allah ta’ala, bersyukur dan berterimakasih atas rezeki melimpah ini.

Hari ini dingin, basah dan lembab sepertinya cocok untuk menggambarkan keadaan diri saya saat dari pagi hingga sore berada di kampus. Namun, tak perlu di sesali. Apa salah nya sekali kali kuliah sambil hujan-hujanan ? hehe.

Oh iya, ada yang tahu apa bedanya peka dan peduli? Atau pengertian nya sama?

Hayoo..

Sering banget kan ya zaman sekarang ini anak muda gak jauh dari kata

“peka dong…”

Emang apa sih maksudnya? Continue reading Sudah Belajar Peka Atau Peduli?

Tips – Tips Menjelang Ujian Nasional dan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Bismillah..

#30DWC hari ke-10, itu tandanya saya telah berhasil melakukan tantangan menulis untuk 10 hari pertama. Alhamdulillaah terimakasih karena selalu datang komentar positif dan masukan-masukan membangun dari para pembaca.

Beberapa hari belakangan ini saya banyak menjalin komunikasi dengan adik-adik kelas dulu di SMA dan semua dari mereka bertanya bagaimana tips-tips menjelang dan menghadapi Ujian Nasional. Serta bagaimana cara nya agar lolos masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN?

Oke, ini dia jawaban nya. Continue reading Tips – Tips Menjelang Ujian Nasional dan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Mengajar Itu Mudah Tapi Mendidik Itu Sulit

Bismillah #30DWC hari ke-8.

Wow, hari ini adalah tulisan saya yang paling mepet dengan deadline waktu pengumpulan. Namun apapun yang akan terjadi setiap harinya saya harus tetap menulis, itu komitmen awal saat saya memutuskan untuk mengikuti #30DWC Jilid 2 ini karena sebelumnya saya gagal sebab belum bisa mengatur waktu dengan baik.

Alhamdulillah inspirasi selalu datang, kali ini datang dari adik saya yang bertanya kepada saya,

“Kak gimana pengalaman waktu ngajar anak SD?”

Yap! Saya pernah mengajar anak kelas 5 dan 6 SD di tempat Bimbingan Belajar dekat rumah saya. Saat itu adalah perdana. Sungguh, pertama kali nya saya merasakan bagaimana menjadi seorang guru mengajar kurang lebih 20 murid dengan kapasitas yang berbeda beda alias bandel nya beda-beda hehe.. Continue reading Mengajar Itu Mudah Tapi Mendidik Itu Sulit

Kamu Anak Muda? Jangan Galau Karena Cinta, Galau Karena Belum Bisa Bahagiain Orang Tua

Bismillah, Assalamu’alaikum..

#30DWC hari ke-7, gak terasa udah seminggu saya membiasakan diri untuk menulis walaupun selama 7 hari ini lebih dominan nulis mepet di akhir-akhir waktu hehe. Semoga kedepan nya lebih baik, do’akan yaa ^^

Tulisan kali ini judulnya kepanjangan ya? Tapi kalau kamu pahamin makna nya dalem loh. Serius. Karena itulah fenomena yang lagi booming, marak, pasaran zaman sekarang ini yaitu GALAU karena CINTA.

Emang kamu udah tahu cinta itu apa? Kayak gimana sih?

Kalau cinta nya terhadap Allah ta’ala sih itu bagus banget, tapi kalau sama lawan jenis? Pacar?

Hmm.. coba deh pikir ulang lagi Continue reading Kamu Anak Muda? Jangan Galau Karena Cinta, Galau Karena Belum Bisa Bahagiain Orang Tua

Bagaimana Bisa Bertahan Dalam Perjuangan?

Assalamu’alaikum…

Hai hai.. Saya mau sedikit cerita nih, karena program #30DWC ini setiap harinya saya pasti selalu mendapatkan ide untuk menulis. Dimana dan kapan saja, rasanya setiap peristiwa yang saya alami di setiap harinya tidak ada yang ingin saya lewatkan barang sedetik pun karena siapa tahu disana ada inspirasi untuk menulis.

Seperti ketika di perjalanan menuju kampus, biasanya kalau dulu sih saya sering ngantuk dan pusing di jalan karena pakai helm terlalu lama dan jauh tapi sekarang fikiran saya jadi tidak hanya terfokus pada helm dan jalanan yang macet, tapi saya lebih melihat sekitar jalan demi mendapatkan suatu inspirasi.

Alhamdulillah yaaa.. Selalu ada manfaat dibalik suatu kebiasaan baru ^^ Continue reading Bagaimana Bisa Bertahan Dalam Perjuangan?