This Is the Last But It Won’t Be the End

Hari ini saya sedih…

Hari ini adalah hari terakhir 30 Day Writing Challenge atau yang biasa saya singkat dan saya letakkan di akhir tulisan dengan #30DWC. Bukan sedih karena ini adalah tulisan terakhir, bukan. Tapi karena kedekatan dengan para fighter yang saya jalin karena mereka biasa menyetorkan tulisan nya juga sesekali bercerita dengan saya, dan mungkin setelah ini berakhir handphone saya akan kembali sepi dari keluhan, setoran dan curhatan mereka.

Seperti biasa saya menerima banyak setoran tulisan ketika tadi pagi di kampus, rata-rata mereka meWhatsApp saya seperti,

“Assalamu’alaikum mba sas ini setoran saya yang terakhir yaa”

“Mba sas makasih ya selama ini udah merekap tulisan kami”

“Maafin ya mba sas kalau sering telat setoran dan nyusahin”

“Mba, gak berasa ya udah berakhir aja jadi sedih. Tapi silaturahim harus tetap jalan ya mba”

Fix bikin baper. Continue reading This Is the Last But It Won’t Be the End

Advertisements

Ingin Berbuat Dosa? Ingat 3 Hal ini

Cerita sedikit..

Menulis setiap hari bukan lah hal yang mudah tapi juga bukan hal yang sulit. Tergangtung prioritas, jika kita tidak menjadikan menulis dalam daftar prioritas maka akan terasa sulit. Hari ini adalah hari ke-29 saya menigkuti 30 Day Writing Challenge, itu tanda nya kurang 1 hari lagi saya menyelesaikan tantangan ini.

Bagaimana perasaan saya? Hmm bingung, hehe..

Bagi saya bisa sampai hari ke-29 ini sangat luar biasa, susah-susah gampang. Rasanya saya tidak mau berhenti di hari ke-30 tapi kembali lagi itu tergantung apakah saya akan memprioritaskan menulis ketika tidak ada tuntutan lagi? Do’akan saja yaaa sobat 😉

Semakin mendekati hari akhir saya merasa semakin sulit mencari ide rasanya seperti,

“Apa lagi yang belum pernah ditulis ya?” Continue reading Ingin Berbuat Dosa? Ingat 3 Hal ini

Sahabat, Ayo Kita Bersama Dalam Taat

“Sebaik-baiknya sahabat adalah yang mampu membuat kita bersemangat mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya”

Setuju ?

Memiliki sahabat seperti itu sangat sulit bagi saya, butuh penyaringan dan keyakinan yang kuat karena tidak setiap orang yang berteman dengan kita mau untuk bersama dalam ketaatan kepada Allah.

Kalau menurut penglihatan saya masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini. Masih banyak orang yang asal dalam memilih sahabat dan masih banyak orang yang enggan untuk memperbaiki diri nya padahal ia tahu bahwa hal tersebut adalah wajib.

Sebenarnya, tak perlu punya beribu-ribu teman tapi tak ada satupun yang mengingatkan dalam hal kebaikan, cukup punya seorang teman yang bisa membimbing kejalan yang benar dan selalu mengingatkan dalam kebaikan. Continue reading Sahabat, Ayo Kita Bersama Dalam Taat

Mau Sedekah Tanpa Ketahuan Orang Lain? Yuk! Kita Sedekah Kreatif

Assalamu’alaykum sobat…

Bagaimana hari-hari kamu? Semoga selalu berjalan dengan baik dan sesuai rencana yaa. Kalau pun tidak sesuai rencana itu tanda nya Allah tahu yang lebih baik dari apa yang sudah kamu rencana kan. Keep positive thinking ^^

Oh iya, pernah dengar sedekah kreatif? Mungkin pernah.

Saya baru tahu sedekah kreatif ini dari broadcast beberapa bulan lalu dan sebenarnya kalau kita sedari dulu sudah ngeh dengan sedekah kreatif ini pasti lah ini bukan inovasi baru. Tapi saya rasa masih banyak yang belum ngeh tadi maka dari itu saya ingin ajak kamu melalui tulisan ini. Continue reading Mau Sedekah Tanpa Ketahuan Orang Lain? Yuk! Kita Sedekah Kreatif

Apa Kabar Lisan ?

Bismillah..

Memasuki #30DWC hari ke-26, cukup sulit untuk mencapai tahap ini mulai dari menyempatkan waktu dan kesulitan mencari ide untuk “mau nulis apalagi ya?”. Tapi, alhamdulillaah hingga saat ini perjalanan saya untuk menulis tidak pernah sia-sia. Selalu ada saja manfaat yang dirasakan, komentar dan kritik membangun dari pembaca agar tulisan saya semakin baik.
.
.
Pernah dengar hadist ini ?

Dari rasulullaah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
” Seorang muslim adalah orang yang muslim lain nya merasa selamat dari gangguan lisan dan tangan nya” (HR. Muslim)

Semoga kamu pernah mendengar nya ya, karena hadist ini sangatlah penting mengingat seorang muslim harus memiliki akhlakul karimah.

Pertanyaan nya,
Apa kabar lisan dan tangan kita?

Baik-baik saja kah? Buruk? Atau jangan-jangan kita tidak tahu kalau lisan dan tangan ini telah sangat banyak merugikan. Jangan-jangan kita sendiri tidak pernah mengkoreksi diri ini.

.
.

Melihat kondisi anak muda saat ini bagi saya sangat memprihatinkan. Kebanyakan mereka bangga dengan kebiasaan lisan yang sangat mudah melontarkan apapun yang ingin dikatakan.
Tidak peduli itu menyakiti hati orang lain, sopan atau tidak, bahasa kasar kah. Intinya terlalu sangat mudah untuk mengucapkan apapun.

Apalagi ketika dengan bangga nya banyak anak muda berkata,

“Urat malu gue kan udah putus”

Tidak kah kita sadar bahwa hal tersebut telah melampaui batas? SubhanAllah..

.
.

Sobat, yuk kita sama-sama berkaca. Janganlah menjadi orang yang sangat mudah mengeluarkan apapun dengan lisan ini. Ayo saring kata-kata yang akan kita ucapkan.

Ucapkan lah hanya yang baik-baik saja dan buang segala yang buruk. Karena,

“Tidak semua yang didengar harus diucapkan”

Jadilah anak muda yang berkualitas, beda dari yang lain dan selalu menuju ke arah kebaikan.
Akan sangat mudah menilai orang lain melalui perbuatan lisan nya, maka dari itu berikanlah kesan yang baik kepada orang lain dengan memperbiki lisan dan tangan ini.

Semoga bisa jadi bahan perenungan bersama dan semoga bermanfaat ^^

#30DWC hari ke-26

Tentu, Aku Pernah Merasa Terasing

“Sas, kamu pernah merasa asing gitu gak?”

Sebuah pesan whatsapp yang saya terima satu bulan lalu dari sahabat saya yang sekarang ada di luar daerah. Sudah 4 tahun sejak lulus SMP saya berpisah dengan nya hingga sekarang belum pernah ketemu lagi, komunikasi pun jarang jadi saya tidak terlalu tahu bagaimana kisah nya saat ini.

Tapi satu yang saya tahu pasti bahwa dia telah berhijrah ;’) Continue reading Tentu, Aku Pernah Merasa Terasing

Ketika Hembusan Nafas Tak Dapat Kembali

Bismillahirrohmanirrohim…

Nasihat, siapa yang gak butuh nasihat? Adakah? Saya rasa semua manusia membutuhkan nya setiap saat. Dan nasihat itu bisa kita dapat darimana saja entah dari orang tua, rekan kerja, teman kuliah atau bahkan adik kita. Tidak menutup kemungkinan yang lebih muda jauh lebih baik dari yang tua. Setuju? Bungkus ^^

Alhamdulillah hari ini saya masih bisa menulis dengan niat ingin berbagi manfaat dengan kamu. Masih dalam rangka #30DWC di hari yang ke-24 ini saya semakin merasa deg-deg an karena dengan rutin menulis setiap hari nya berarti saya juga dituntut harus membuat tulisan yang semakin berkualitas dan bermakna. Do’akan yaa sobat. Continue reading Ketika Hembusan Nafas Tak Dapat Kembali

Indah Ya Dunia Ini, Mau Bawa Apa Kalau Kamu Mati?

Assalamu’alaykum…

Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimushsholihat, segala puji hanya milik Allah dan dengan Nya segala nikmat menjadi sempurna.

Sangat tidak terasa ini adalah hari ke-23 saya menulis tanpa henti, karena program #30DWC membuat saya selalu merasa memiliki tanggung jawab untuk menulis. Bagaimana jika program ini berakhir? Do’akan semoga saya bisa istiqomah ^^

.

.

“Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah akan kekal” (QS. An-Nahl : 96) Continue reading Indah Ya Dunia Ini, Mau Bawa Apa Kalau Kamu Mati?

Ayo Naik Level dengan Maksimalkan Hobi

Bismillah..

Selalu awali sesuatu dengan bismillah yaa sobat, agar segala sesuatu yang kamu kerjakan tetap bernilai pahala. Gak mau kan apa yang sudah capek-capek kamu kerjakan ternyata hanya untuk dunia saja tapi gak bermanfaat untuk kehidupan akhirat ^^

Karena sejatinya kita hidup saat ini untuk memupuk bekal di kehidupan selanjutnya yang abadi. Anggap lah dunia ini hanya sebagai jembatan dimana jembatan tersebut harus kita bangun dengan sebaik mungkin agar sampai di ujung penyebrangan dengan selamat.

.

.

Oh iya ngomongin soal hobi yuk! Seru nih 😀 Continue reading Ayo Naik Level dengan Maksimalkan Hobi